Penyiksaan Oleh Kepolisian

Baru saja membaca berita bahwa polisi menyiksa seorang tersangka dengan cara menusuk tangannya, sehingga dipaksa mengaku. saya memang tak paham dengan hukum dan pasal-pasalnya itu. tetapi yang saya tahu, pengakuan atas dasar penyiksaan, pemaksaan, dan dibawah tekanan itu adalah tak berhak. apakah mereka tahu itu, atau pura-pura tidak tahu? berarti moral mereka tidak berubah semenjak jaman permulaan orde baru, yang ada hanya perubahan nama dari RPKAD menjadi POLRI. cuma yang membedakan adalah sidang MAHMILUB jaman dahulu yang seperti sandiwara (apapun kesaksian, baik yang memberatkan maupun meringankan, itu takkan merubah keputusan sidang) sudah tidak ada. Dimana rasa kemanusiaan mereka? tidak sadarkah mereka bahwa yang mereka siksa adalah sesama warga Indonesia? atau sesama makhluk Tuhan yang mempunyai perasaan, emosi, dan memilliki hak untuk hidupnya?

saya tidak memojokkan polisi. kalau sang tersangka memang salah, hendaklah ia dihukum menurut prosedur yang berlaku. Tugas polisi adalah menangkap dengan bukti-bukti yang pasti. jika tersangka sudah tertangkap, maka polisi harusnya memiliki bukti. Pengakuan yang kuat sekalipun, jika sudah ada bukti, maka pengakuan itu tak ada artinya. Tidak perlu ada kekerasan. Buktikan slogan “Pelayan Masyarakat” adalah benar. Buktikan bahwa tidak sia-sia negara mendirikan bangunan megah di universitas-universitas dengan judul HUKUM di dindingnya, atau akademi-akademi kepolisian. buktikan bahwa pajak yang kita setor pada pemerintah (selain yang disimpan Gayus dibawah keteknya) dan dipergunakan untuk menggaji polisi adalah benar,

Saya tidak bermaksud melecehkan kepolisian, tetapi saya sebagai warga negara yang baik hanya mengingatkan. bahwa tugas polisi sudah melenceng dari yang seharusnya. Kita sama-sama warga negara Indonesia yang menginginkan tanah airnya maju, maka bersama-sama kita saling mengingatkan, jalan kita masih sangat panjang, untuk membuat negara kita hanya sedikit lebih baik. Maka dari itu, kita mulai dari sini.

Advertisements

~ by tulishapsara on September 16, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: