Facebook Saya di Hacker… -_-‘

Kemaren telah terjadi kriminalisasi di dunia maya, dan yang menjadi korban adalah dua akun yang paling penting, yaitu akun email dan facebook saya. Dan efeknya bagi saya sangat terasa, karena semalam saya uring-uringan. Bagaimana tidak, bukannya saya maniak FB, tapi disitu banyak nilai sejarah, foto-foto yang bahkan tidak saya punyai di computer pribadi saya. Dan juga hacker itu telah membobol akun email saya dan menghapus seluruh inbox yang saya simpan. Sangat merugikan bukan?

Sebelumnya saya telah menjadi korban hack sebanyak dua kali, jadi total saya telah menjadi korban hacker sebanyak tiga kali, tetapi ini yang paling parah, karena kali ini akun FB saya telah terganti emailnya menjadi email orang lain, dan emailnya pun turut terbobol, sedangkan yang dua sebelumnya hanyalah menerobos dan hanya mengganti passwordnya saja

Berikut akan saya jabarkan cara untuk recovery akun saya.

Saat saya sadar bahwa saya telah di hack, karena tiba-tiba saya tidak bisa login ke akun FB saya, biasanya saya langsung meng-klik Forgot My Password, dan mengikuti instruksi yang telah ditentukan, dan Jreeeeng!!!! Kembalilah akun saya, dan langsung mengganti passwordnya. Tapi masalahnya ialah, ini berbeda dari yang sebelumnya, karena disitu tertera akun FB saya dengan email milik orang lain, bukan milik saya. Maka dari itu saya berkesimpulan bahwa sang hacker telah mengganti password dan email yang terdaftar di FB saya dengan email lain.

Berbekal pengetahuan seadanya, yang saya tahu, bahwa aktivitas apapun yang berhubungan dengan akun, pasti ada notifikasinya di email saya, dan segera saya beranjak dari halaman FB menuju halaman email yang baru saya buka, lalu saya cek inboxnya, untuk mengetahui aktivitas apa saja yang telah dilakukan hacker tersebut. Dan ketika folder inbox terbuka, saya menemui pemandangan paling buruk yang pernah saya lihat dalam email saya.

Folder inbox saya kosong.

Sang hacker itu dengan teganya ikut membobol email saya dan menghapus seluruh inbox saya yang isinya berbagai macam hal-hal penting, semacam surat email saya kepada sahabat saya, kiriman foto-foto dan lain sebagainya. Sang hacker rupanya telah menghapus jejak yang dia tinggalkan. Padahal jika email notifikasi masih ada, disitu ada link yang bisa mengembalikan semua aktivitas yang telah dibuat, seperti mengembalikan email yang terdaftar di FB dengan email sebelumnya, atau me-reset password. Tetapi untungnya sang hacker tidak mengganti password email saya.

Berarti satu-satunya yang saya bisa andalkan adalah akun FB itu sendiri.

Saya mengutak-atik semua pilihan yang ada. Maaf, saya sedikit lupa secara detail, tulisannya, tapi saya mengerti maksudnya. Dalam pilihan tersebut, saya tidak menerima akun FB saya dengan email milik orang lain, kemudian saya dituntun pada page yang menunjukkan security question, dan entah saya lupa (tapi saya yakin, saya masih ingat) atau jawabannya telah diganti, saya tidak bisa menjawab pertanyaan sekuriti tersebut. Dan kemudian saya mengulang cara tersebut, dan sampailah saya di link di bawah ini:

http://www.facebook.com/guardian/

link tersebut berfungsi untuk merubah akun email untuk pendaftaran FB menjadi akun email yang anda tentukan atau yang anda punya, sehingga tim FB dapat me-reset password dan mengirimkan ke email pribadi anda, sehingga akun FB dapat anda kuasai kembali. Persyaratannya adalah, anda harus memilih 3 orang teman yang harus anda yakinkan anda dapat menghubunginya. Setelah anda memilih ketiga teman tersebut (yakinkan anda benar-benar mengenalnya) dan bisa menghubunginya, teman anda akan dikirimi masing-masing satu kode, sehingga total ada tiga kode yang terkirim ke masing-masing teman anda.

Kemudian teman anda harus memberitahu kode tersebut kepada anda, sehingga anda bisa memasukkan ketiga kode tersebut (perhatikan juga huruf kapitalnya). Setelah itu, anda harus menunggu selama 24 jam, setelah itu baru anda bisa mengaktifkan kembali akun FB anda.

Cukup mudah bukan?

Yang ingin saya sampaikan adalah, Tim FB ini mempunyai banyak cara agar anda bisa menguasai akun FB anda yang telah dibajak. Mungkin mereka belajar dari pengalaman. Dan yang diatas hanya salah satunya. Contoh lain lagi, saya pernah menolong seorang teman yang FBnya juga dibajak, dia berhasil menguasai kembali FBnya dengan cara 5 langkah yang cukup sulit. Saya sendiri sudah agak lupa stepnya. Salah satu yang saya ingat ialah, teman saya diberikan pertanyaan pilihan ganda, teman saya harus menebak salah satu foto yang ditunjukkan, dan dalam pilihannya ada banyak nama, kita harus menjawab foto siapa yang ada di gambar tersebut. Masalahnya ialah, foto tersebut bukan profil foto, tetapi foto yang diambil acak dalam salah satu albumnya. Cukup sulit memang…

Berikut adalah tips agar facebook anda tidak dihacker:

1. Buatlah password yang sulit diterka orang, gunakan kombinasi huruf, angka, dan huruf capital jika perlu. Sehingga hacker yang untung-untungan mencoba password anda akan kesulitan.

2. Jangan perlihatkan email anda kepada orang lain di profil anda. Hacker juga bisa membobol akun FB anda lewat email, hal ini tentu saja sangat merugikan, disamping email, FB anda juga dihacker (seperti pengalaman saya)

3. Ingat baik-baik pertanyaan keamanan, atau security question anda, karena ini sangat penting untuk segala aktivitas yang menginginkan akun FB anda kembali, bahkan jika anda lupa akan password anda. Seringkali pengguna FB meremehkan ini, tapi ini satu-satunya senjata anda bila dihacker, bila anda tak mau repot dengan tes-tes seperti yang saya lakukan.

4. Jangan menerima teman dari yang tidak anda kenal, apalagi yang memiliki mutual friend sangat sedikit, karena bisa saja itu adalah hacker. Saya bisa saja meng-hack FB anda dengan membuat 2 akun palsu lain, lalu saya meng-add anda. Dengan modal email anda, saya bisa saja melakukan hal sama seperti diatas untuk mendapatkan akun anda, cukup mudah bukan??

Dengan ke empat tips di atas, saya rasa sudah cukup untuk melindungi akun FB anda. Dan tentu saja, saya juga akan memberikan tips alternatif versi saya sebagai pilihan lain jika anda masih merasa kurang.

Berikut tips alternative agar tidak dihacker:

1. Ini agak ekstrim, buatlah domain sendiri untuk membuat email anda untuk didaftarkan ke akun FB anda, seperti domain teman saya yang juga terdapat blognya (sekali-sekali mampir yah, bagus tuh) di http://necolsen.com Coba saja mencari halaman untuk login disana, pasti tidak ada bukan? Bagaimana bisa di hack, jika tak bisa menemukan login ke alamat tersebut? “Seperti ingin maling di rumah orang, tapi tidak bisa menemukan pintu, bahkan jendela di rumah tersebut, jadi mau masuk darimana?” kata teman saya tersebut.

2. Ubah foto profil anda menjadi jelek, biasanya sasaran hacker adalah akun FB yang sudah mempunyai ribuan teman. Para hacker pun akan berpikir seribu kali untuk membobol akun anda, jika dia melihat foto anda. Foto anda yang jelek akan mengurangi intelengesia hacker menjadi beberapa tingkat lebih rendah, sehingga menjadi pusing dan segera enyah dari akun FB anda.

3. Jangan membuat FB, atau apapun yang berhubungan dengan internet. Titik.

Sekian dari saya. terimakasih.

Advertisements

~ by tulishapsara on March 16, 2011.

2 Responses to “Facebook Saya di Hacker… -_-‘”

  1. hihi.. ga kapok2 kmu bro di hack orang bolak balik.. makanya email jangan nebeng yahoo, gmail, rocket dkk.. pake domain sendiri donk.. punya alamat private login.. walopun keliatan emailnya tapi kan ga bisa masuk kalo ga tau alamat loginya
    ibarat mau nyuri tipi dirumahmu, tapi ga tau alamat rumahmu dimana

  2. ngakak baca saran alternatif nomer dua. aduh, gimana ya? saya kan udah cakep dari sononya. mau dijelek2in susah. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: