Pernikahan Berbeda Agama

Selamat nge-browsing bagi para calon-calon suami dan calon-calon istri yang akan menempuh hidup baru. Dikarenakan yang empunya blog ini udah nggak mempunyai niat lagi untuk meng update blog ini, maka saya Hapsara, sang calon suami yang mengambil alih blog ini untuk sementara.

 

Di postingan kali ini saya akan membahas suatu topik yang sangat membantu bagi para calon pasangan yang mempunyai perbedaan keyakinan. Yang satu yakin, yang satunya lagi nggak yakin… Haahahaha!

 

Saya mau cerita sedikit. Saya dan Vebrina ini adalah salah satu pasangan yang berbeda keyakinan, saya sendiri Katholik, dan Vebrina adalah Protestan. Seperti pasangan lain, masalah ini adalah masalah yang sangat pelik dihadapi oleh setiap pasangan yang mempunyai perbedaan keyakinan jika akan menuju ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Yang paling utama adalah orangtua, banyak pasangan yang takut menghadapi orangtuanya sendiri jika menghadapi masalah ini. Apakah orangtua masing-masing akan menerimanya? Siapa yang harus ikut siapa? Nanti anaknya akan ikut siapa? Dan akhirnya bataaaaaal…. 🙂

 

Pada waktu kita akan berkomitmen untuk serius, saya dan Peppy (Vebrina) sepakat untuk memberitahu orangtua kita masing-masing. Orangtua saya sendiri nggak terlalu ada masalah, karena mereka demokratis, asalkan masih satu atap. Yang jadi masalah adalah orangtua Peppy, mereka keras, dan kebanyakan orangtua memang bersikap seperti ini. Ya wajar saja, karena ini berhubungan dengan Tuhan khan…

 

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya harus terbuka, kalo pemecahan masalah hanya dalam lingkup keluarga, pasti tidak ada jalan keluarnya. Hendaknya harus juga berkonsultasi dengan orang lain yang lebih mengerti. Contohnya Pendeta, Pastor, atau pemuka agama gitu, jadi kita bisa share apa yang menjadi masalah kita. Dan jawabannya : BISAA!!!

 

Tuh, udah pada senang aja ngeliatnya khan.. Jadi kalian yang berbeda keyakinan tetep bisa meneruskan  niat kalian untuk membina rumah tangga yang mahligai.. halaaah…

 

Di katholik, dari gereja akan mengeluarkan surat ijin menikah beda gereja (Katholik dan Protestan), kalau berbeda agama, akan mengeluarkan surat dispensasi.

Untuk persyaratannya sendiri bisa kontak langsung ke alamat emailnya Peppy tuh, nanti saya akan jelaskan persyaratannya..

 

Bagaimana kalo yang berbeda agama, seperti Katholik-Islam, Katholik-Budha? In case salah satu pasangan yang Katholik, tetap bisa. Tapi Gereja mewajibkan 2 persyaratan:

1. Pasangan yang bukan Katholik harus mengerti dan menyadari bahwa pasangan itu adalah Katholik dan harus bisa memiliki rasa pengertian.

2. Anak harus dibimbing dalam agama Katholik.

 

Persyaratan ini harus disanggupi oleh pasangan tersebut.

Tapi ya liat nanti juga. Kalo saya pribadi sieh, kalo sudah memiliki anak, saya nggak terlalu ngoyo untuk memaksakan Katholik, karena saya sendiri bekerja sebagai seorang pelaut, tuuut… tuuuuut…. Jadi untuk membimbing anak secara Katholik juga waktunya kurang. Jadi mungkin saya menyerahkan pendidikan agama sepenuhnya kepada sang istri… 🙂

 

Kalo menurut saya sendiri sieh, semua agama itu baik khan… 🙂

Nggak ada agama yang mengajarkan umatnya berbuat buruk atau kejahatan.

 

Minggu kemaren saya mengikuti KPP (Kursus Persiapan Pernikahan), dan yang mengikuti sendiri ada 29 pasang. Dari 29 pasang tersebut, ada beberapa pasangan Katholik-Protestan, ada sepasang Katholik-Islam, dan sepasang Katholik-Hindu.

Jadi bisa khaaaan? 🙂

 

Di catatan Sipil sendiri mengijinkan menikah secara negara, JIKA kedua agama tersebut yang berkaitan menyetujui.

 

So, jangan mundur dulu bagi kalian yang berbeda keyakinan… 🙂

 

Semoga sukses!

 

bsrgds,

H.S.A.S.

~ by tulishapsara on February 6, 2013.

4 Responses to “Pernikahan Berbeda Agama”

  1. minta ym atau pin bb atau alamat email dong saya mau share nih

  2. boleh minta pin bb atau ym ?..

  3. gan saya minta nomer pin atau hp atau alamat saya dari sby gan ingin share sesuatu

Leave a Reply

 
