Sunrise dan Sunset

Sunrise dan sunset adalah pemandangan saya setiap hari waktu kerja. “Efek samping” berdinas jaga 4-8 pagi dan sore. Dimana orang-orang kantoran yang sengaja mengambil libur untuk mendapatkan pemandangan seperti itu, saya malah sebaliknya. Melihat pemandangan seperti di bawah ini hampir setiap hari, saya tak pernah bisa tidak mengaguminya.

image

Tapi kalau hanya melihat dari foto, tidak akan ada yang tahu apakah itu sunset atau sunrise. Tapi bagi yang melihat langsung, ada perbedaan tersendiri, yaitu suasana hati.
kalau melihat sunset, mood terasa melankolis, sayu. Mungkin karena tahu bahwa hari mulai beranjak malam, dan mulai mengakhiri hari. Ini pas buat orang yang hanya sedang galau, atau menurut saya, hiperbola mellow. Contohya, kalo orang yang lagi putus cinta, melihat sunset, bisa mendadak nangis. Halah… Bisa juga membawa kesan tenang, setelah seharian melewati hari, keletihan, cape, maka sunset adalah penutup yang sempurna.
Lain halnya dengan sunrise. Sunrise adalah awal sebuah hari, sebuah kehidupan, maka mood yang terasa adalah suasana hati yang riang. Walaupun habis bergadang semalam suntuk, kalau melihat matahari, mata langsung melek. Yah, walaupun sepet.

Setiap hari sunset dan sunrise berbeda efeknya. Itu semua tergantung cuaca, tapi kalau menurut saya, lebih tergantung pada awan. kalau langit isinya awan semua, ya jangan harap. kalau langitnya bersih kadang efek yang tercipta adalah gradasi warna, dari warna orange menuju biru.

image

kalau awannya sedikit, sinar mataharinya akan membentuk garis, atau sun ray, dan ini adalah panorama yang paling saya sukai, karena efeknya sangat dramatis.

image

image

Ada juga kondisi dimana semua langit tertutup awan tipis, menghasilkan efek yang berbeda pula. Susah untuk menjelaskannya. Nikmati saja fotonya

image

Atau awan seperti domba? silahkan dihitung dombanya.

image

Kadang bosan juga mengambil panorama dengan teknik yang begitu-begitu saja, Saya coba eksperimen.

image

image

Ini Eksperimen pake binocular.

image

Sebenarnya masih banyak lagi koleksi fotonya, tapi kalo dimasukin semua ntar pada nggak penasaran lagi donk.

kayaknya gitu aja deh. sekian dari saya.

H.s.a.s

Nb: Saya sempilkan(kayak upil, nyempil) satu foto lagi, seperti yang saya jelaskan di awal, kondisi nggak bisa liat sunset atau sunrise.

image

kalo gini mah, jangankan liat sunrise, liat lautnya aja susyeh….

~ by tulishapsara on May 19, 2014.

Leave a Reply

 
