Nama

Saya menulis tulisan ini ketika saya bekerja di dry dock Pasir Gudang, Malaysia. Sebuah kota yang berada di ujung semenanjung Malaysia, berbatasan langsung dengan Singapore. Orang-orang semenanjung ini katanya lebih ‘tinggi’ dari orang malaysia di Sabah-Sarawak yang terletak di pulau Kalimantan.

Banyak kejadian lucu terjadi disini. Ternyata pekerja Indonesia di dry dock sini banyak!! Hampir 300 orang! Merekalah sang pahlawan devisa. Dan disini pula saya berteman dengan mereka. Dan untuk pertama kalinya juga saya berkenalan dengan orang jawa yang memiliki nama kuno. Namanya Tusiran! Ada lagi namanya Satimin!! Dan saya bertemu nama-nama ini bukan di perkampungan di Jawa sana, bukan di desa tempat saya pulang kampung, tapi di sini, di malaysia! Asik khan?

Bukannya saya menjelek-jelekan nama mereka, tapi memang nama-nama itu sudah jarang sekali terdengar di jaman sekarang, yang nama-namanya terkesan bule, istrinya pa’lek.

Kata Tusiran, nama itu dia dapat karena lahirnya hari sabtu. Sab-TUsiran.. apa cobaaa…. terus nama anaknya Dimas Kurniawan. Cukup keren khan? Alasannya anaknya lahir pada siang hari. KurniAWAN (awan=siang, bahasa jawa). Saya tertawa panjang waktu dia bercerita itu.

Tapi dari merekalah kampung mereka bisa maju. Mereka afalah pahlawan menurut saya. Rela bekerja di negeri orang, menjadi buruh, bekerja hanya demi upah sekitar 1000 ringgit, itu sekitar 3 juta rupiah. Salut untuk mereka.

NB: Untuk Mas Tusiran dan kawan-kawannya, semoga kalian tetap tabah, dan bekerja dengan senyum. Senyum yang kadang membuat saya mual.

~ by tulishapsara on September 6, 2014.

Leave a Reply

 
